Langsung ke konten utama

Jangan Seperti Mr. Bean

Mr. Bean itu sebenarnya orang yang santai atau pemarah? Sebelum memberi label salah satu dari itu, mari kita analisa filemnya...

Overthinking
Mr. Bean selalu tampak berpikir berlebihan. Emangnya overthinking itu salah ya? Tentunya bukan soal benar atau salah. Tapi apa pun yang berlebihan itu tidak baik. Atau begini prinsip saya: jangan berjalan menuju jurang untuk mengetahui tepinya di mana. Terutama jika Anda tidak dapat memprediksi apakah ada yang akan mendorong Anda masuk dalam jurang. Atau ada angin kencang yang tidak sengaja melakukannya. Selain itu, keinginan untuk segera mendapat kejelasan atau buru-buru ingin memperoleh kebenaran membuat kita ingin cepat-cepat mengambil kesimpulan tapi ketakutan akan sesuatu membuat berpikir lagi dan lagi.  

Hipotesa Singkat
Karena hasrat ingin segera memecahkan masalah, Mr. Bean justru tidak memikirkan akibat untuk jangka panjang. Akibatnya selalu mencelakai diri sendiri.

Nah dari 2 analisa saya di atas atas filem serial Mr. Bean, semoga kita mendapat inspirasi dalam menghadapi masalah sehari-hari agar meskipun berpikir cepat tapi tidak mencelakai diri sendiri. Tidak perlu marah-marah juga. Santai saja tapi janganlah bersikap seperti Mr. Bean yang kurang memperhatikan esensi dari tindakannya.   Bahkan cenderung merugikan orang lain karena kurang berpikir cermat.


Komentar