Langsung ke konten utama

Seremonial, Cuma Aksesoris

Minggu ini menjadi minggu demo menolak kenaikan harga BBM. Apa bisa ditolak? Menkeu menjelaskan di media televisi, ini bukan masalah siapa menteri atau presidennya, tapi keadaan ekonomi global mempengaruhi dalam negeri. Lalu ditanggapi dengan skeptis oleh para pakar dan jurnalis. Nyatanya, siapa yang percaya bila seminggu sesudahnya berita di koran bilang bahwa Indo masih belum terpengaruh resesi dunia dengan laju pertumbuhan ekonomi 6%?

Seorang tokoh seni dan politik meninggal dunia karena kecelakaan terprosok lubang jalan di Jatim saat mengendarai MOGE (sangat kontra dengan pesan acara TV wisata jalan garapan PU itu). Sebelumnya tersiar berita tentang SPBU yang ditutup agar para pengendara MOGE mendapat bensin karena akan tour ke 12 kota dalam rangka 100 tahun Harkitnas.

Mengapa seremonial jadi lebih penting dari hajat hidup orang banyak membeli bensin? Inilah mengapa sebenarnya banyak orang cerewet soal perbaikan jalan yang lubang-lubang. Ada banyak hal yang perlu diurus lebih dulu sebelum kita sibuk dengan pesta-pesta, dengan perayaan2, dan mencoba merekatkan kembali jiwa sosial kita.

Komentar