Langsung ke konten utama

TAU

TAU seperti 3 huruf belakang motor Djangkriek. Tau berarti bebas. Tau berarti selamat dari kebinasaan.

Saya senang memakai kalung itu segera setelah tahu artinya. Saya bersyukur karena saya bisa dalam kepahitan, termasuk minum jamu ;) Bagaimana pun filosofis itu dalam diri seorang Katholik membuat saya tidak ragu-ragu lagi melihat dan menerima apa yang menjadi salib saya. Ya memang harus begitu. Hidup itu tidak bisa memilih senangnya saja.

Saya ingat ketika kanonik atau ujian sebelum pasangan Katholik menikah, pastor tanya, apakah kamu yakin akan bahagia? Saya jadi kuatir bahwa pastor melihat wajah saya sedih terus. Tapi karena memang dari dulu wajah saya begini, sendu (bukan senang duit) saya bilang pada pastor itu, "Bahagia itu jangka panjang, Romo. Dalam perjalanannya ada senang dan sedih."

Sekarang saya lihat jalan itu masih panjang. Saya pasti bisa melaluinya.

Komentar