Langsung ke konten utama

Sang Kandidat

Entah apa sebabnya, dalam beberapa bulan ini saya mengeksplorasi beberapa orang yang namanya sama. Tanpa alasan. Bukan Fit & Proper Test. Mungkin sekedar hayalan atau ikuti kata hati saja.

Boss saya di kantor lama, seorang yang perfeksionis, sangat berpengalaman soal human resources, dan sangat berpengetahuan di bidang itu suatu hari bilang,
"Ah, sayang banget, setelah ketemu dengan kandidat General Manager tadi gue nggak nemu chemistry-nya."

Nah, lho. Kok masih 'ngomongin chemistry?

Lain cerita, boss lama yang lain meminta saya mencari seorang sekretaris yang cocok dari 25 CV yang saya pilih, saya panggil, diinterview. Hasilnya? Dia hanya betah bekerja selama 2 bulan.

Kata Boss kepada sang sekretaris,
"Kamu kenapa resign? Saya kan cocok sama kamu."
"Terima kasih, Pak. Tapi saya nggak cocok sama Bapak."

Jadi apa ukuran memilih kandidat? Sebelum tahu kinerja, kepribadian dan tingkah laku seseorang, toh kita harus percaya pada selembar kertas CV. Syukur-syukur kalau ada referensi verbal atau written dari seorang yang kandidat percaya.

Tapi percaya deh, selera tidak bisa dipaksakan... de gustibus non est dispuntandum... Kalau pun kondisi terjepit, tetap harus memilih dari serangkaian daftar kandidat, akhirnya pilihan jatuh pada yang paling baik dari yang buruk-buruk ... minus malum...

Komentar