Langsung ke konten utama

Perang Dingin Iklan Berseri

Setelah mengamati cukup lama iklan2 A Mild, mulai dari How Low Can You Go sampai Tanya Kenapa?... saya masih menangkap bahwa rokok A Mild "memang rendah nikotinnya". Sementara Djarum Black dengan big theme-nya yang Full Imagination sempat mengundang heboh orang2 Timur dengan iklan yang menyiratkan pornografi... Bagaimana pun iklan rokok di Indo tidak bisa dibandingkan dengan di luar yang full sensuality dan demo produknya (lihat link di bawah)... Tanya kenapa? Pemerintah melarang iklan rokok menampilkan rokok atau orang yang sedang merokok namun harus memuat tulisan rokok berbahaya bagi kesehatan. Tapi dengan batasan larangan pemerintah itu masing-masing produk rokok pun bebas berpromosi dengan propaganda yang jauh dari manfaat produknya.

Seperti ingin konsisten membuat big theme seperti A Mild dengan How Low can You Go-nya, dalam dua tahun terakhir ini Djarum Black pun memperbaiki brand personality- nya dengan menyelenggarakan festival penemuan produk yang bermanfaat bagi masyarakat. TVC yang ditayangkan pun tidak jauh dari theme Full Imagination, sejarah penemuan barang2 yang sekarang lekat menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Mungkin 10 tahun dari sekarang penemuan dalam festival ini sudah tidak aneh lagi seperti kita menganggap biasa kehadiran lampu bolam meski alirannya masih sering byar pet.

Salah satu praktek Corporate Social Responsibility ini tentunya menarik perhatian masyarakat. Apakah kemudian banyak orang yang menjadi loyal? Kita lihat saja :)


Related Links:
http://media-ide.bajingloncat.com/2007/09/04/djarum-girls-in-hungary/
http://media-ide.bajingloncat.com/2006/06/04/iklan-djarum-di-penthouse/
http://squirrelconsulting.wordpress.com/2007/12/04/evolusi-positioning-a-mild/
http://www.atmajaya.ac.id/content.asp?f=2&katsus=16&id=384

Komentar