Langsung ke konten utama

Amigos en El Senor


Manusia memulai hidupnya di dunia dan berkenalan dengan sekitarnya. Dalam hidupnya ada perjumpaan dan perpisahan. Perpisahan itu akan jadi berarti bila meninggalkan kenangan tersendiri di hati orang yang mengalaminya.

Friends in the Lord
Arti 'Amigos en El Senor' adalah friends in the Lord, Teman-teman dalam Tuhan, sebuah inspirasi dari sejarah spiritualitas Ignasian. Mengapa harus 'en El Senor'? Karena cuma ungkapan itu yang membuat 'harta' saya saat ini dalam kondisi 'just fine', mereka (teman-teman saya) ada dalam pagar 'en El Senor' yang 'lintas batas'.

Berpisah Sementara
Beberapa kali saya mengalami perpisahan dengan teman, sahabat dan saudara yang membawa kesedihan kadang sebentar atu membekas cukup lama. Mereka berpindah tempat tinggal, harus melanjutkan studi di tempat lain, atau meninggal: saya dengan mereka berpisah waktu, berpisah ruang dan juga berpisah alam. Setiap mengenang setiap teman, saya sekaligus mengenang keunikan tiap orang, tidak ada yang persis sama. Sayangnya, kadang saya pikir saya belum cukup mengenal ketika mereka harus pergi.

Perlukah kita mengulang masa-masa yang menyenangkan dulu? (Seorang sobat masa kecil hanya tersenyum ketika saya memanggil dengan julukan khas: Bebek, Ember, Bun-bun) Kondisi dulu dan sekarang sudah jauh berbeda...

Saat ini saya nikmati masih bersama dengan sisa teman, dengan sisa waktu, dengan 'batasan-batasan' yang mungkin akan terjadi antara saya dan mereka, termasuk perubahan relasi yang mungkin terjadi di antara kami...

Komentar