Langsung ke konten utama

Budaya Norak Di Tempat Umum

Dari sebuah milis Ibu-ibu...
Mudah2an dengan semakin tahu apa yang disebelin orang, kita berusaha jadi orang yang nggak disebelin...

Budaya NORAK yang membuat malu orang-orang yang erempati dan disiplin
1. Nge-tek-in tempat/kursi di bis atau tempat pertemuan.
Membiarkan bangku kosong untuk Tuan/ Nyonya (biasanya teman, saudara, ortu, pacar, su-is) yang datangnya belakangan. Sementara orang lain dibiarkan berdiri meskipun datangnya lebih dulu dari si Tuan/ Nyonya.
2. Rebutan tempat duduk
Sekalipun ada perempuan hamil, nenek-nenek. Bisa-bisa malah perempuan hamil dan nenek-neneknya yang disalahkan, "Lho, kenapa pergi sendiri?"
3. Nyelak antrian (di supermarket, di loket, dll).
Mereka yang nyelak antrian merasa diri benar, karena barangnya lebih sedikit dari kita, atau karena bisa menitipkan barang pada temannya yang antri di depan kita. Bahkan tanpa bicara permisi sama yang antri di belakangnya. Ngomong permisi juga bakal dipelototi kali.
4. Buang sampah sembarangan
Mobil keren punya, tiba-tiba jendela terbuka, dan melayanglah sampah dari dalam mobil... Grrrrrrrrhh.. masa beli tempat sampah harga 15 rebu atau bawa plastik kresek dari rumah buat nampung sampah bentar aja ngga bisa!!!!
5. Membiarkan anak jadi jagoan
Anak2 lagi main perosotan di tempat umum, trus ada anak yang main nyela antrian, dan ortu atau BSnya diem aja.. (dalam hati bangga kali ya... anak gue jagoan)
6. Makan dan minum sembarangan
Lidya (anak yang amat sangat teratur ) naik trans-Jakarta bareng ompungnya saat liburan. Ompung selalu bawa minum di tas, karena sering haus. Menimbang jika menunggu ada yang jual belum tentu ada. Ketika beliau ambil botol dan minum, Lidya ngomel, "Ompung dilarang makan dan minum di dalam bus" sambil nunjuk tulisan di dalam bus. Jadi jangan melanggar peraturan lalu ketahuan sama anak pinter, deh, bisa dipermalukan.
7. Preman yang malak-in minta Rp 1000-an dr penumpang
Please, deh, kita yang perempuan aja kerja, ga malu apa....pake bilang gini "Memberi kami uang 1000 tidak akan membuat Bapak+Ibu sekalian miskin"
8. Pungli + pengamen yang maksa
Mereka bakal nge-garet cat mobil klo nggak dikasih uang.
9. Ibu-ibu bergaya madam
Mereka ingin senantiasa dilayani secara VVVVVVVVVIP.
10. Bayar tagihan ini itu di ATM
BCA siy biasanya, padahal antrian di belakang dah kayak kereta...Mbokyaa kalo mo bayar ini itu liat-liat ATM yang lagi sepi gitu lhooo...
11. Ngomong sok2 pake bahasa Inggris padahal salah
Kalo nggak pake bahasa Inggris, tapi diikuti oleh artinya dalam bahasa Indonesia.. Coba deh iseng2 perhatiin infotainment. Kadang artis bilang gini.. Iya kita tuh trying, mencoba untuk separate. The thing is.. Intinya sih dia tuh bla bla bla. Gara2 bahasa Inggris ini, gue jadi sebel sama BS dan PRT yang majikannya bule atau keluarga yang menerapkan bahasa Inggris ke anak2nya. Kadang mereka juga ikutan mandang sebelah mata ke arah BS dan PRT-nya non bule.. Ya ampun Mbak.. eling.. eling..Ada juga satu kejadian bapak2 OKB di CS salah satu bank, "Mbak.. saya mau menjadi member 'kartu credit card..'"
12. Meludah sembarangan di mana-mana
Bahkan diruang tertutup (seperti di dalam ruang atau di kendaraan umum) .. Trus kalo dibilangin, “Mba, kenapa ngeludah disitu?”, si pelaku cuma bilang, “Emang kenapa? Di sini (a.k.a indonesia) Udah biasa kan..” … doh…. Gila! Kuman bagi2!!
13. Bediri di depan pintu keluar kendaraan umum, padahal sih berentinya masih jauh
Contoh: KRL alias kreta listrik jurusan kota-bogor! Depan pintu masuk/kluar tuh pasti bejubel ama orang, gerobak, karung isi buah, sepeda (jeeaahhh !!!) padahal “itu” semua turunnya pada di bogor !! nah pas ada yg mo brenti di antara trek itu (kota-bogor), mis: di tanjung barat, dijamin ga bakal bisa turun kalo ga udah siap2 mulai 2 stasiun sebelumnya! nyebelin gak?! *sorry pengalaman pribadi nih.. xP

Komentar