Langsung ke konten utama

Mukjizat Berwujud Solidaritas

The meaning of solidarity is a union of interests, purposes, or sympathies among members of a group; fellowship of responsibilities and interests: “A downtrodden class... will never be able to make an effective protest until it achieves solidarity” (H.G. Wells).

Begitu ideal, hmm?! Dalam hal apa saja ya kita punya kepentingan, tujuan atau simpati yang sama?

Beberapa waktu lalu saya pernah ketemu dengan Ys di sebuah kedai franchise donat di bilangan Pondok Indah. Seperti suaranya di telpon, beliau sangat ramah dan terbuka dan kita bicara soal keprihatinan lingkungan di kota besar, kemampuan dan solidaritas . Awalnya saya 'iseng' kirim email ke sebuah 'website propaganda galang dana cuma2 untuk pendidikan orang nggak mampu'. Saya tanya apakah beliau bisa bantu dana pendidikan seorang putra dari seorang Ibu penjaga WC umum yang nyambi jadi tukang cuci. Dia bilang sebenarnya mereka baru concern untuk anak2 di Kupang dan Biak, tapi tidak menutup kemungkinan untuk bantu asal ketemuan dulu dan ngobrol.

Karena Gelang Merah
Dia bilang, dia heran, kenapa ya orang2 yang butuh bantuan (dalam hal ini finansial) itu cenderung pergi jauh2 dari komunitas di mana ia tinggal, artinya dia merasa lebih nyaman untuk minta tolong sama orang lain yang belum tentu kenal baik (toh Ys pastikan bahwa saya benar2 kenal dengan Ibu itu =). Tapi flash back, saya bilang, birokrasi dan administrasi menghalangi si Ibu untuk mendapatkan bantuan itu (selebihnya confidential, ya-red). Ya idealnya orang-orang yang lebih dekat yang mestinya tergerak bantu dia, tapi kenyataannya kan enggak. Kenyataannya timbul debet macet karena terhalang administrasi dan birokrasi. Yang membuat si Ibu mendekati saya waktu itu pertama karena melirik 'gelang merah' yang saya pakai. (Aksesori itu merupakan propaganda solidaritas kebersamaan untuk menggalang dana pendidikan bagi orang yang kurang mampu. - red)

Haruskah ada Kompetensi?
"Kenapa kamu kelihatan nggak yakin, Inge?" Ys bertanya sekali lagi. Saya masih menimbang , anaknya nggak cerdas, agak manja, apa dia layak mendapat bantuan itu? Ys bilang, saya harus yakin dulu that they deserve it (mestinya saya yang meyakinkan beliau ya, payah nih Inge). Ketika saya utarakan alasan keraguan saya dia bilang,"Nggak apa-apa". Bantuan yg nanti saya terima sifatnya pribadi karena lewat yayasan mana pun pasti nggak diacc karena keterbatasan anak tersebut.

Is It Miracle?!
Saya tanya kenapa beliau mau ketemu saya dan mau berikan dana pribadinya? "Insting, Inge. Yang mau dan sudah tertipu juga banyak."

Berikut ini rekaman email-emailan saya dengan Mas baik hati ini.

From: Ys
Sent: Monday, October 03, 2005 4:29 PM
To: inge
Subject: Re: Kwitansi pembayaran yg pernah sy janjikan

Hallo Inge,
Terima kasih atas infonya. Sedikit saran kepada keluarga Rz, lebih baik pindah ke sekolah yang lebih memungkinkan biayanya jika tidak ingin menjadi beban. Saya baru tahu kalau dia sekolah di swasta, kita semua tahu tentunya memakan biaya yang mahal. Ada banyak sekolah yang lebih murah dan bagus. Mudah2an membantu.

Dear Ys,

Ini kwitansi pembayaran yang pernah saya janjikan untuk diberikan sebagai bukti, dana yang Ys beri memang untuk dana pendidikan Rz. Maaf sangat terlambat, karena kesibukan saya. Terima kasih, banget ya.


From: inge
Sent: Wednesday, August 03, 2005 7:51 PM
To: Ys
Subject: Re: Reminder: Need biaya pendidikan

Saya sudah transfer ke orangnya trims...Ini bukti transfernya =)

From: Ys
To: inge
Sent: Mon, 1 Aug 2005 08:58:47 +0700
Subject: Re: Reminder: Need biaya pendidikan

Saya sudah kirim sebesar ...... rupiah minggu lalu, apakah sudah diterima?

From: Ys
Sent: Friday, July 15, 2005 10:43 PM
To: inge
Subject: RE: Need biaya pendidikan

Hallo Inge,

Baik. kalau memang keputusannya seperti ini akan saya bantu. Namun karena saat ini saya sedang mendampingi istri berobat di luar Jakarta. Mohon ditunda dulu pada saat saya balik ke jakarta tanggal 28 nanti.

Tolong Inge taruh di reminder hp anda untuk mengingatkan saya tanggal tersebut. Terima kasih...


From: inge
Sent: Thursday, July 14, 2005 5:02 PM
To: Ys
Subject: RE: Need biaya pendidikan

Pak Ys,
Terima kasih sekali atas kepercayaan yang buat saya 'anugrah' (!), terutama saya sempat 'ngerjain' orang, membuat Pak Ys menunggu terlalu lama, sampai akhirnya bisa ketemu juga, ditambah kena omelan istri =), besar sekali nih 'dosa' saya. Betul-betul kesempatan yang langka dengan orang yang langka juga...

Beberapa orang yang cukup dekat dengan keluarga mereka (saya tanya ke empat orang), juga setuju kalau mereka adalah orang yang perlu dibantu dalam hal keuangan, menimbang bahwa penghasilan si ibu yang single parent tidak mencukupi untuk biaya pendidikan. Sebelumnya mereka memang menerima sumbangan2 pribadi dari dermawan, tapi insidental aja. Jadi mereka tetap harus menambal kekurangan tiap ada urgensinya. Bu Beni bilang, #berapa pun yang diberi# akan diterima. Jadi ini norek saya...

Lalu saya akan transfer ke rekening Ibu Bn. Sebagai etikanya, nanti saya akan minta raport terakhir Rz dan kwitansi pembayaran daftar ulang mereka, sebagai tanda mereka sudah melanjutkan sekolah. Terima kasih atas semangat solidaritas Pak Ys yang luar biasa.

Have a nice week end.

(Nggak jadi ketemuan krn aku mesti temenin temen yang pindah rumah. Tapi trus ketemuan di PI)

From: Ys
Sent: Thursday, June 30, 2005 3:48 PM
To: inge
Subject: RE: Need biaya pendidikan

Ok kalau begitu Minggu kita ketemuan di Setia Budi Building kuningan yang ada tempat makanan dan bioskop. Tapi mendekat jam 11.30 bisa?

From: Inge
Sent: Wednesday, June 29, 2005 13.25 PM
To: Ys
Subject: Re: Need dana pendidikan

Yth. Pak Ys
Per pembicaraan telpon, Pak Ys minta saya untuk ketemu hari Sabtu atau Minggu sebelum jam 10, jam 12 (lunch) dan sesudah jam 18.00. Kalau hari Minggu sesudah jam 08.00 pagi, saya available. Saya akan membawa rapor anak ybs.


From: Ys
Sent: Tuesday, June 28, 2005 12:58 PM
To: inge
Subject: Re: Need biaya pendidikan

Hallo Inge,
Bagaimana kalau kita bertemu terlebih dahulu untuk membicarakan seputar bantuan ini. Agar segalanya menjadi lebih jelas lagi. Terima kasih atas perhatian dan kepedulian anda. Saya bisa ditelp di 0813 19xx xxxx .

Salam kebersamaan,
Ys

From: Inge
To: Ys
Sent: Tuesday, June 28, 2005 12:15 PM
Re: Need Dana Pendidikan

Dear Sirs,
Saat menulis ini saya memakai gelang merah. Ada seorang anak yang harus satu tahun lagi menamatkan SMPnya yang butuh biaya membeli buku 345.500 dan seorang anak SMEA yang mesti mendaftar ulang sebesar 2.005.000. Ibunya bekerja menjadi penjaga WC umum. Mesti dibayar sebelum tanggal 1 Juli 2005. Ada info yang bisa membantu? Terima kasih.

Komentar