Langsung ke konten utama

Ajining Jiwa ana ing Prabawa

" Ajining diri ana ing lathi, ajining salira ana ing busana, ajining jiwa ana ing prabawa."

Yang artinya kurang lebih harga diri seseorang tergantung pada bagaimana kita bertutur kata, berbusana dan bersikap. Tutur kata lemah lembut namun tegas dan bersahaja. Busana tidak menonjolkan keseksian tubuh. Sikap bijak berwibawa namun tetap terbuka.

Prinsip ini perlu dimiliki oleh seorang sekretaris yang dalam tingkah lakunya sering mendapat cap negatif dari masyarakat. Padahal tidak semua sekretaris itu mengandalkan kecantikan, pandai berdandan, genit dan mencari perhatian boss.
Seorang sekretaris memang hampir dituntut sempurna. Saya katakan pada saat wawancara untuk mendapatkan pekerjaan sekarang ini, bahwa sekretaris itu ibarat jembatan relasi antara boss dan kolega atau orang lain, dan filter bagi informasi dari dan untuk bossnya, sehingga sang boss bisa bekerja lebih efisien dan efektif. Ia juga harus tetap menjaga atau meningkatkan citra Boss dan mengakomodir kebutuhan setiap relasi yang membutuhkan bantuan dari sang Boss. Seorang sekretaris haruslah well organized dan sanggup mengerjakan multi task.
Saya ingat dulu bahwa saat perploncoan di akademi dulu, saya harus mengerjakan 20 macam tugas dalam satu malam. Begitulah pekerjaan sekretaris, banyak dan kadang over load. Baru terasa sekarang kenyataannya memang seperti itu.
Jadi seorang sekretaris juga harus sopan tapi tegas karena menghadapi berbagai macam orang, level manajemen dan keperluan. Kadang kita penuh toleransi pada orang lain, kadang terpaksa harus keras, jika ada sesuatu yang urgent harus segera dilaksanakan oleh bagian lain demi sinergi perusahaan.
Bagaimana pun sekretaris itu harus ZERO DEFECT/nggak boleh salah. Dan nggak boleh menyalahkan boss sendiri dalam kondisi apa pun, bahkan cenderung jadi tameng atau bemper serbuan tuntutan, baik dari Boss mau pun dari pihak lain. Pekerjaan seorang sekretaris itu identik dengan boss. Jadi seorang sekretaris juga harus memiliki pengetahuan yg cukup untuk memahami perkerjaan Bossnya dengan begitu ia memiliki good adjustment, demi kelancaran kerja di kantor.

Komentar